Corona Paksa Perpusnas Tutup Sementara, Skripsi Bagaimana?

By
Pemustaka di Perpusnas. Sumber: laman Pusjasa Perpusnas.

Pandemi Coronavirus Diseases 2019 atau Covid-19 merupakan sebuah masalah yang kini dihadapi oleh sejumlah negara di dunia, salah satunya Indonesia. Per hari Rabu tanggal 1 April 2019 dicantumkan dalam laman Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bahwa secara global 750.890 kasus telah dikonfirmasi dan 36.405 orang di antaranya meninggal dunia. Sementara di Indonesia, telah ada 1.677 kasus, 103 orang sembuh, dan 157 orang meninggal dunia. Sekolah banyak diliburkan, akses di beberapa tempat lebih dibatasi, dan sejumlah pelayanan publik seperti perpustakaan bahkan ikut terkena dampaknya.

Perpustakaan Nasional RI misalnya, kini memilih untuk ikut mendukung himbauan pemerintah agar dapat meminimalisir persebaran Covid-19. Perpusnas RI menutup layanan yang berupa kunjungan fisik hingga tanggal 21 April 2020. Hal tersebut tentu tidak sepenuhnya direspon positif oleh masyarakat. Sebagian pengguna menyayangkan ditutupnya perpustakaan karena merasa bergantung untuk mendapatkan sejumlah referensi. Salah satu tanggapan ini disuarakan di Instagram Perpusnas oleh mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Mahasiswa semester akhir yang mungkin pada semester sebelumnya juga sudah mendapat status tersebut dan berharap semester depan tidak memiliki status yang sama. Walaupun begitu, mahasiswa masih dapat memanfaatkan beberapa layanan dari Perpusnas. Berikut ini merupakan beberapa layanan Perpustakaan Nasional RI yang dapat dimanfaatkan mahasiswa semester akhir untuk menyelesaikan skripsinya di tengah pandemi.

 

e-Resources Perpusnas

Layanan e-resources Perpusnas menyediakan berbagai bahan perpustakaan digital daring seperti e-journal dan e-book. Layanan tersebut dapat kalian manfaatkan di alamat http://e-resources.perpusnas.go.id/ dengan syarat sudah menjadi anggota Perpusnas. Layanan ini cukup diminati oleh masyarakat dan dibuktikan dengan statistik kunjungan yang mencapai lebih dari 3 juta. 

Sumber Gambar: Laman e-Resources Perpusnas

Banyaknya referensi luar di layanan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Setidaknya ada berikut Alexander Street Press, Brill Online, Cambridge University Press, Cengage Learning, Ebrary, Ebsco Host, IGI Global, IG Publishing Myilibrary, Proquest, Sage Knowledge, Science Direct, Taylor & Francis, Westlaw, Wiley Online Library, Springer Nature, McGraw Hill eBook Library, CNKI, Emerald Insight, Britannica Ebooks, Clinicalkey Nursing, Clinicalkey Pharmacology dan Britannica Library. Koleksi tersebut didukung karya lokal dari Carano Pustaka Universitas Andalas, Digital Angkasa, Indonesia Heritage Digital Library dan Balai Pustaka. Untuk pencarian, terdapat dua opsi yang diberikan untuk pengguna. Pertama melalui pencarian terpadu untuk hampir ke semua artikel yang dilanggan, sedangkan yang kedua, dilakukan setelah masuk pada penerbit masing-masing.

 

iPusnas

iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital dari Perpusnas yang dalam pengembangannya bekerja sama dengan Aksaramaya. Aplikasi ini menyediakan berbagai buku elektronik dapat dibaca melalui gawai dengan sistem peminjaman yang mirip perpustakaan pada umumnya. Saat ini telah ada 50.438 judul dan 591. 739 yang dapat dipinjam secara digital. Berbeda dengan layanan e-resources yang sekali diunduh dapat dimanfaatkan tanpa batas, pemandangan koleksi iPusnas dibatasi oleh lama waktu peminjaman, jumlah salinan e-book, dan jumlah buku yang dipinjam dalam satu waktu. 

Sumber: Intagram Perpusnas
Sumber Gambar: Intagram Perpusnas

Koleksi yang bisa ditemukan di antaranya tentang penelitian, ilmu sosial, ekonomi, sains, teknologi, bahasa, kesehatan, seni, agama, serta sastra. Satu judul buku bisa memiliki beberapa eksemplar dan jika masa peminjamannya telah habis maka buku dapat dipinjam kembali. Aplikasi dapat digunakan melalui gawai, dengan mengunduhnya di Play Store ataupun komputer, dengan mengunduhnya di laman iPusnas yaitu https://ipusnas.id. Koleksi pada aplikasi baru dapat dipinjam untuk dibaca setelah pengguna mendaftarkan diri sebagai anggota, baik menggunakan akun surel maupun Facebook. Untuk metode pencarian, pemustaka juga diberikan dua opsi yaitu menggunakan kotak pencarian ataupun memilih koleksi berdasarkan kategori.

 

Referensi Virtual

Layanan Referensi Virtual ini merupakan layanan yang baru diadakan di Perpusnas. Seperti namanya, mahasiswa bisa menanyakan apa pun terkait referensi yang dibutuhkan dalam pembuatan skripsi. Cara mengajukannya dapat melalui surel layanan_referensi@perpusnas.go.id atau fitur live chat di laman www.perpusnas.go.id. Tidak hanya itu, mahasiswa juga bisa diajarkan cara melakukan penelusuran informasi baik di perpustakaan maupun dunia maya. 

Sumber gambar: Instagram Perpusnas

Tiga  layanan tersebut tentunya diharapkan dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pejuang skripsi. Kita berharap agar pembuatan skripsi bisa tetap selesai tepat pada waktunya. Indonesia butuh darah segar untuk membawa negara agar dapat lebih maju. Jangan sampai perjuangan mereka tertunda karena skripsi yang tidak kunjung selesai. Lebih dari itu, kita berdoa agar pandemi ini cepat berakhir dan Perpusnas beserta perpustakaan lainnya dapat kembali memberikan layanan secara optimal. 

 


Sumber:

  1. https://www.perpusnas.go.id/
  2. https://ipusnas.id/
  3. http://e-resources.perpusnas.go.id/
  4. https://instagram.com/perpusnas.go.id/

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like