Al-ummu madrosatul ula’

By

Al-ummu madrosatul ula’, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq.Artinya; ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik. Bayi itu terlahir suci tak bernoda bagai kertas putih yang siap diberi warna. Dari tangan ibu lah yang akan membantunya menorehkan warna dalam kehidupannya.  Sekolah pertama ini yang akan menentukan nasib anak-anak kita ke depan. Sudahkah kita memiliki bekal itu?

Anak adalah peniru yang ulung. Inilah yang ingin saya sampaikan kepada perempuan-perempuan yang akan menjadi ibu, atau bahkan sudah menjadi ibu.maka dari itu berilah contoh dan perilaku yang baik dalam keluarga. Sebab, keluarga adalah orang yang pertama kali akan bersentuhan dan berhubungan langsung dengan kehidupan sang anak. Disinilah peran Ibu sangat dibutuhkan.  Ajarilah anak kita tentang berbagai hal yang positif untuk bekalnya kelak. Sebelum mengenal dunia luar, berikan pemahaman dan bekali dengan pengetahuan yang cukup tentang perilaku, tata krama, perasaan, serta ajarkan padanya bagaimana menyikapi lingkungan di luar sana yang terkadang berbeda dengan yang selama ini dikenal. Karena kebanyakan anak, ketika sudah bisa mengenal dunia luar  mereka seolah kebablasan dan mengikuti apa saja yang dilihatnya.

Tugas ibu tidaklah mudah. Bukan semata hanya hamil,melahirkan kemudian besarkan anak saja. Tidak…tidak semudah itu, Karenanya Allah SWT sudah menyiapkan pahala besar bagi seorang Ibu yang berhasil mendidik anak-anaknya dengan baik. Oleh karena itu sejak dini sebelum menjadi seorang ibu, banyak hal yang harus dipersiapkan secara mental dan pengetahuan. Jangan kita mengandalkan orang tua kita yang masih hidup untuk mengurusi anak kita. Ali bin Abi Thalib mengatakan, “ didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya”. Hal ini benar adanya, mengingat sekarang ini serbuan modernisasi dan sikap hidup hedonism yang merajalela yang akan menenggelamkan siapa saja yang tidak memiliki bekal hidup yang kuat. Apakah kita akan menyerahkan kepada babysitter untuk merawat dan mendidik anak kita?. Bukan..bukan itu yang akan memenuhi bekal anak kita ke depan.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi al-ummu madrosatul ula. Contohnya dengan mengikuti kelas parenting, membaca buku-buku parenting, atau browsing di internet. Ada lagi yang jauh lebih penting yang harus kita ajarkan pada anak-anak kita; pemahaman agama. Ya..pemahaman agama yang baik akan menciptakan anak-anak yang siap menghadapi  pergolakan zaman untuk menjadi pemenang.  

Penuhilah hidupnya dengan karakter serta pemikiran yang baik. Ajarilah anak kita agar menjadi anak yang shalih sebab  anak yang shalih adalah investasi bagi kedua orangtuanya. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran “ Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka, yang bahan bakarnya dalah manusia dan batu, penjaganya malaikat yang kasar, keras, lagi tidak mendurhakai Allah terhadap apa  yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (At-Tahrim:6)

Dan Pada akhirnya kita semua tahu, bahwa anak adalah titipan dan amanah, karenanya setiap orang tua akan dimintai pertanggungjawaban atas titipan yang diamanahkan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like