(Bukan) Liburan Impian Fathan

By

Fathan masih tidak beranjak dari tempat duduknya, menatap ibunya dengan pandangan malas.  Ibu yang hari ini memakai gamis berwarna merah muda dengan jilbab lebar bermotif bunga tampak cantik, wajahnya putih berseri.  Ibu memang selalu cantik dengan pakaian apapun, bahkan tanpa pulasan make up.

“Ayo dek, kita berangkat” Ajak ibu sambil bergegas mengambil tas ransel. Fathan tak menjawab, bibirnya mengerucut.

“Ibu minta maaf ya dek, liburan kali ini tidak bisa ajak Adek jalan-jalan. Insya Alloh liburan adek kali ini juga tidak kalah seru dengan liburan teman-teman yang lain kok” Jelas ibu sambil membimbing Fathan memasuki mobil Luxio putih yang sudah siap di halaman rumahnya.  Lagi – lagi Fathan tidak menjawab hanya berjalan dengan enggan mengikuti langkah kaki ibunya.

Dua hari yang lalu liburan sekolah dimulai. Fathan berangan-angan untuk menikmati liburan dengan mengunjungi objek wisata baru di kota Batu Malang.  Beberapa teman yang sudah sempat berkunjung sebelumnya bercerita betapa serunya jalan-jalan di Dino Park Jatim park 3.

Dino park merupakan taman Dinosaurus terbesar di Indonesia.  Manda teman sekelas Fathan bercerita dengan menggebu-gebu.  Ia menjelajah zona lima jaman dengan menaiki kereta berkapasitas 48 orang.   Melihat berbagai patung Dinosaurus yang didesain menyerupai bentuk sesungguhnya.  Keesokan harinya Manda dengan bangga menunjukkan fotonya berdiri di sebuah jalan setapak berlatar belakang Brontosaurus.  Fathan melirik penuh minat, mencoba menyembunyikan rasa irinya.

Fathan bergegas menyongsong begitu ibunya membuka pagar rumah.  Ia tidak sabar mengutarakan keinginannya untuk berlibur ke tempat impiannya.  Fathan mengandeng tangan ibunya sambil berceloteh riang.  Ibunya menanggapi dengan penuh perhatian sambil sesekali mengelus rambut hitam Fathan.

“Minggu depan kita ke Dino Park ya, Bu.  Tiketnya masih promo kok, seratus ribu per orang. Nanti kita berangkat pagi-pagi saja biar tidak terjebak macet” Ujar Fathan dengan penuh semangat.

“Hmmm….bagaimana kalau kita coba liburan yang berbeda untuk kali ini?” tawar ibu.

“Kemana, Bu? Ibu punya pilihan tempat lain yang lebih keren ya?”

“Adek tahu tempat kerja ibu?” Kali ini ibu kembali bertanya.  Fathan mengangguk.  Ia tahu ibunya adalah seorang karyawan di sebuah universitas negeri di Surabaya.

“Bagaimana kalau liburan kali ini Adek ikut ibu ke kantor?”  Jawab ibu sambil menatap ke manik mata Fathan.  Sinar mata Fathan seketika meredup. Bayangan keseruan berlibur ke tempat impiannya lenyap.

Mobil Luxio putih berjalan pelan memasuki area kampus yang asri, sepanjang jalan ditumbuhi pohon besar yang tampak berdiri berjajar dengan rapih.  Suasana hijau memanjakan mata.  Deru mesin terhenti tepat di depan halaman luas sebuah gedung berlantai tiga.  Ayah Fathan membuka pintu untuknya.  Masih dengan enggan yang tak hilang dibenaknya, Fathan turun dari mobil.  Ayahnya mengasurkan tangan kanan, Fathan menyambut dan menyalaminya dengan penuh takdzim.

“Semangat, Dek. Selamat berlibur” Ujar ayah. Fathan tersenyum seadanya.  Apa serunya berlibur di kantor Ibu, pikir Fathan.  Ini sama sekali bukan liburan impianku! Tukas Fathan dalam hati.

— Bersambung —

#OneDayOnePost

#EventOnline

#MiladPL

#PejuangLiterasi

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like