Ini Dia 3 Persiapan Sebelum Ananda Masuk Sekolah

By

 

 

 

Assalamualaikum Mom Sholihah. Liburan sekolah hampir usai ya? Senin tanggal 15 Juli 2019 besok ananda sudah harus bersekolah kembali. Aduuh, kebayang nggak siih Mom? setelah liburan lebaran dan liburan sekolah yang cukup lama, Mom memulai kembali rutinitas harian saat sekolah, seperti berangkat pagi, menyiapkan sarapan plus bekal lebih pagi dari hari-hari biasanya, lalu membantu ananda menyiapkan semua perlengkapan sekolahnya dan yang penting adalah antar jemput.

Ananda kita kini akan menapaki dunia baru. Bagi ananda saya yang pertama, si Kakak laki-laki (11 tahun),  akan menuju kelas baru yaitu kelas 6 Sekolah Dasar Islam (SDI). Di kelas ini ananda saya berada di kelas khusus anak laki-laki, jadi tidak lagi bercampur dengan anak perempuan, otomatis teman si kakak laki-laki semua. Alhamduillah, si kakak sudah harus beradaptasi dengan lingkungan baru, apalagi insya Allah pasca SD akan menuju pondok pesantren. Amiin.

Ananda kedua saya si kakak perempuan (7 tahun), akan menuju kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Di kelas 2 ini ananda akan duduk di kelas 2B, setelah duduk di kelas 1a, jadi siswa diacak. Awalnya si kakak sedikit kebingungan karena ia akan berinteraksi dengan teman-teman baru di kelas baru, naum Saya mencoba memberikan pengertian dan ananda menerimanya. Sedangkan ananda ketiga saya, si adik laki-laki (5 tahun), akan naik ke kelas TK A. Ananda terlihat enjoy bersekolah di TK.

Pasca liburan, sebagai Mom ada banyak hal yang harus dipersiapkan ananda, yaitu:

  1. Menyiapkan Mental dan Kesiapan Ananda

https://pixabay.com

Liburan terkadang membuat ananda sedikit berleha-leha dan kurang bersemangat. Untuk memberikan suasana dan semangat baru, Mom perlu membekali dengan memberikan arahan dan nasihat kepada ananda untuk memotivasinya agar berangkat ke sekolah denga bersemangat, bertemu wali kelas baru, teman-teman baru dengan semangat. Salurkan energy positif kepada ya Mom, sehingga ananda akan merasa tenang, nyaman dan pastinya bersemangat untuk berangkat ke sekolah.

  1. Menyiapkan Rutinitas Ananda
Rutinitas Sekolah

Pasca liburan, ananda juga perlu diberi saran dan arahan tentang rutinitas yang akan dilaluinya selama masa 6 -12 bulan ke depan. Mom bisa menceritakan apa saja kegiatan yang harus dilakukan ananda seperti bangun pagi, solat lima waktu, sarapan, bawa bekal, tak boleh jajan sembarangan, memperhatikan guru, menyampul buku, dan berbuat baik pada sesame (guru dan teman) perlu diingatkan kembali. Hal ini dapat membantu ananda untuk melakukan kembali ritme rutinitas yang pernah dilakukannya.

  1. Menyiapkan Perlengkapan Sekolah

Perlengkapan sekolah sudah menjadi rahasia umum yang harus ready sebelum hari H masuk sekolah. Tak perlu harus semua baru, biasanya barisan pensil dan penghapus wajib stok banyak ya Mom? seringnya pensil dan penghapus lenyap tak berbekas ya? hew…hew…namanya juga anak-anak. Mom boleh membantu ananda untuk mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk bersekolah. Menyapul buku bersama bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan juga lho?

Nah Mom, itulah 3 hal yang menurut saya penting untuk dipersiapkan bagi ananda sebelum masuk sekolah. Menyiapkan mental dan pribadi ananda itu jauh lebih penting daripada mempersiapkan peralatan sekolah. Oleh karena itu, perlu bagi Mom untuk mengulang semuanya, agar ananda menjadi pribadi yang tangguh, penyayang dan nyaman untuk beradaptasi dengan sekitarnya.

#kembalikesekolah

#challengePL

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like