KAKAK MASUK SMP

By

Setelah sekian lama mendampingi anak anak di TK dan SD kini mulailah mendampingi anak di jenjang SMP.  Ananda bersekolah di SM Al Firdaus Surakarta. Kami sadar harus mulai mengubah gaya pendampingan, karena memang kami pun harus mengajarkan  kemandirian padanya. Apalagi ananda juga sudah memperlihatkan keberanian dan kemampuan berkomunikasi dengan orang. Kami ingin karakter “comunicator’ muncul dengan lebih baik.

Hari pertama masuk sekolah, kami hanya mengantar sampai pintu depan kemudian menyapa beberapa orang guru. Ada seorang anak baru yang kebetulan kami kenal. Kami kenalkan ananda dengannya dan memintanya mengenalkan dnegan teman lain. Si Kakak setuju dan menjalankan tugasnya dengan baik. Kami ingin menguji karakter “caring” nya.

Kami pun segera pergi untuk mengantar adik adiknya, mengingat perjalanan dari sekolahnya ke sekolah adik adiknya sangat jauh. Walau kami sudah pergi tapi ada banyak kekhawatiran. Mampukah ia mencari kelas dan gurunya sendiri, mampukah ia mengenalkan diri pada semua guru dan temannya. Mampukah ia mengingat semua pesan dan aturan dalam sekolahnya yang baru tanpa kami ingatkan.

Masih terbayang dengan jelas sekolah ananda. Halamannya besar dan teduh sekali karena tumbuhnya beberapa pohon besar. Sangat jarang sekarang sekolah yang memiliki halaman seluas ini. Ini juga salah satu alasan mengapa kami pilihkan sekolah ini untuknya, walau ini pun atas keinginannya. Dalam halaman tersebut  terdapat beberapa gazebo cantik yang sangat nyaman untuk tempat istirahat dan berdiskusi. Di tengah halaman terdapat sebuah masjid bernuansa traditonal yang lebih mirip surau di desa desa.

Di sekolah ini banyak ruang kelas. Sekolah ini memang menampung anak jenjang SMP dan SMU, untuk itulah di sebut SM (sekolah menengah). Ruang kelas nya pun terlihat luas dan bersih. Kelas ditata dengan bentuk sentra. Jadi tiap mata pelajaran memiliki ruang khusus yang akan menampung siswa di semua kelas pada jenjang tersebut. Sistem sentra inilah saat ini yang sesuai dengan kebutuhan anak anak dalam mencari ilmu.

Halaman, ruang kelas dan ruang administrasi memang terkesan nyaman. Tapi apakah di dalamnya anak akan merasakan kenyamanan ? Ini pertanyaan yang menganggu saya saat ini. Pikiran terus saja berkelana, sampai akhirnya masuklah sebuah pesan melalui whatapp.

Terlihat sebuah grup baru bernama HRT 1 GRADE 7 MYP HS. Kata itu singkatan dari  Home Room Teather 1 kelas 7 Middle Years Programme High School. Grup ini dibentuk oleh HRT (home room Teather atau wali kelasnya). HRT segera menyapa kami para orangtua. Para orangtua pun segera merespon dengan mengenalkan diri. Terbukti bukan hanya saya yang menanti kabar ananda, tapi ada orangtua lain yang juga ingin segera mendengar kabar sekolah baru anaknya.

HRT memposting beberapa foto yang beliau ambil saat ananda dan teman temannya upacara. HRT tidak menjelaskan apa apa tentang foto yang beliau kirim ke kami. Tapi foto itu berbicara pada kami. Bagaimana anak anak ceria di hari pertama masuk sekolah. Terbaca pula oleh kami bagaimana perlakuan HRT pada anak anak. Terlihat sekali pada gambar keakraban guru dan murid. Entah dengan sihir apa yang digunakan HRT ini sehingga anak anak seperti tersihir langsung dekat dengannya.

Luruhlah rasa gelisah dan resah kami. Kami tak patut mengkhawatirkannya berlebihan. Ternyata sangat mudah membuat seorang ibu atau ayah bahagia di tengah hari pertama masuk sekolah anaknya di jenjang yang lebih besar.

Terima kasih Bapak Susilo Widyantoro, guru SM Al Firdaus Surakarta. Guru yang menyebut dirinya Tukang Ngarit dalam nama profile WA nya.

Terima kasih telah memberi kesejukan hari ini. JIka Bapak memang benar Tukang Ngarit. Kami titip anak anak pada Bapak. Ajari mereka cara bercocok tanam dengan baik, ajari mereka menanam benih dan memilih pupuk terbaik. Jangan lupa Pak, ajari mereka pula cara membersihkan tanaman dari onak dan duri. Kami yakin setahun lagi ketika anak ini kami ambil dari Bapak, mereka sudah akan menjadi petani yang baik. Kami juga teramat yakin anak anak akan mencintai petualangan ini.

15 Juli 2019

#challengePL

#Sekolahbaruanakku

2 Comments
  1. sitatur 1 year ago
    Reply

    Wah… kakak sudah SMP, selamat datang di dunia remaja penuh prestasi dan karya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like