Ketika Istri Rasul Cemburu

By

Suatu ketika, Bunda Aisyah menampakkan kecemburuannya pada Bunda Zainab binti Jahsy. Bunda Zainab adalah salah satu istri Rasulullah yang berparas cantik. Bunda Aisyah lalu bersekongkol dengan Bunda Hafsah. Mereka bersepakat bahwa jika nanti Rasul mendatangi salah satu dari keduanya, mereka akan mengatakan “aku mencium bau yang tidak sedap, seperti bau maghafir”. Apa itu maghafir? Maghafir adalah sejenis getah yang manis rasanya namun tidak sedap baunya.

Mengapa Bunda Aisyah sampai berencana mengatakan kalimat itu pada Rasulullah? Ada sebuah riwayat yang menceritakan bahwa Rasulullah selalu menemui semua istrinya sebelum berakhir ke istri yang tiba gilirannya hari itu. Akan tetapi Rasulullah sering berlama-lama ketika ke tempat Bunda Zainab meskipun hari itu bukan gilirannya. Hal itu terjadi karena Bunda Zainab selalu menghidangkan madu ketika Rasulullah datang. Bunda Zainab mengerti sekali kesukaan Rasul sehingga membuat beliau betah disana.

Sesuai rencana, Bunda Aisyah akhirnya menyampaikan hal tersebut ketika Rasulullah mendatanginya. Alangkah terkejutnya Rasul mendengar kata-kata Bunda Aisyah. Rasulullah akhirnya mengatakan bahwa beliau tidak akan lagi meminum madu ketika ke tempat Bunda Zainab demi meredam kecemburuan Bunda Aisyah. Namun ternyata Allah menegur perbuatan Sang Rasul melalui Surah At-Tahrim ayat 1. Subhanallah, betapa mulianya akhlak Rasulullah yang berusaha menjaga perasaan para istrinya dan betapa Rasul sangat terjaga sehingga Allah langsung menegur beliau ketika khilaf.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like