Masuk Sekolah Biasa Non Favorit? Siapa Takut?

By

Menyekolahkan anak di tempat terbaik tentu menjadi impian semua orang tua. Saat ini, sekolah dengan fasilitas dan kualitas pendidikan mumpuni tak lagi langka ditemui. Banyak sekolah-sekolah swasta yang menjadi favorit setiap tahun ajaran baru dimulai. Namun, seperti biasanya, ada rupa ada harga. Biaya masuknya cukup besar bahkan bisa lebih besar melebihi biaya masuk universitas negeri.

Tidak heran jika hanya sebagian orang yang mampu menjangkaunya. Yang lain kemudian memilih berdasarkan biaya maupun jarak tempuh yang bisa dijangkau. Kualitas sekolah menjadi urutan ke sekian dalam skala prioritas. Sekolah dengan fasilitas biasa sebanding dengan biayanya yang tentu juga biasa saja. Namun, bukan berarti siswa-siswanya tidak bisa menjadi luar biasa, bukan?

Apa saja yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan si buah hati memasuki babak baru dalam sekolah? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan.

1. Menceritakan Hal-hal Positif Tentang Sekolah

Mengenalkan hal-hal baik di awal dapat membuat anak lebih menyukai sekolahnya yang baru. Hal ini penting terkait dengan adab menuntut ilmu. Bagaimana bisa kita belajar dengan baik jika meragukan kualitas sekolah tempat belajar? Maka, penting untuk mengajarkan anak agar menghargai sekolah dan guru-guru sebagai pemberi ilmu.

2. Mengenali dan Mengetahui Hal-Hal yang Tidak Dimiliki Sekolah

Biaya yang murah tentu berkaitan erat dengan ketersediaan fasilitas di sekolah. Misalnya, keanekaragaman ekstrakurikuler, les mata pelajaran, buku-buku cetak, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui apa saja yang tidak dimiliki oleh sekolah, orang tua bisa mencari solusi jika si anak membutuhkan fasilitas lebih.

3. Lebih Banyak Terlibat dalam Proses Belajar Anak

Kurikulum yang digunakan pada masing-masing sekolah berbeda satu dan lainnya. Contoh sederhananya adalah pendidikan agama di sekolah negeri tentu jauh berbeda dengan yang ada pada sekolah Islam. Maka, menjadi PR bagi orang tua yang anak-anaknya bersekolah di sekolah negeri, untuk memperkenalkan lebih banyak lagi tentang Islam di rumah. Intinya, pendidikan anak adalah tanggung jawab orang tua, yang tidak bisa diimpahkan sepenuhnya pada pihak sekolah.

3 tips sederhana di atas dapat membantu anak memulai hari di sekolah barunya dengan nyaman dan percaya diri. Yakinlah, di mana pun sekolahnya, selalu ada ilmu dan pengalaman berharga yang dapat diambil. Bukankah niat dan kesungguhan adalah yang utama? Maka pastikan keduanya lurus agar mendapat berkah dan ridha dari Yang Maha Kuasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like