Tak Pernah Terbayangkan

By

Menjadi Ibu itu tidak ada sekolahnya. Suprisingly, kamu ngga pernah tahu seperti apa karakter anakmu kelak, seperti apa karakter partner mu kelak. Yang kamu tahu adalah saat ini karaktermu seperti apa?. Hukum alam akan memberikan pasangan (dan anak) yang berkarakter mirip sepertimu.
.
Belum lagi persoalan rumah tangga. Kamu tidak pernah tahu, kesibukan apa yang akan kamu hadapi kelak. Yang kamu tahu adalah bagaimana persiapan yang kamu lakukan saat ini untuk menghadapi kesibukanmu kelak.
.
Dirimu saat ini dan persiapan yang kamu lakukan saat ini, cukup membantu dirimu menghadapi kenyataan menjadi Ibu kelak. Namun, ternyata menjadi Ibu tidak hanya persoalan persiapan. Melainkan, persoalan sepanjang hayatmu. Bisa jadi kamu sudah begitu memahami dirimu, namun kamu luput dari memahami pasangan dan anakmu. Bisa jadi kamu sangat detail mempersiapkan segala sesuatunya, namun kamu luput dari mempersiapkan menghadapi perubahan, kedinamisan hidup.
.
Menjadi Ibu, bukan hanya sekedar mengandung, melahirkan, dan membesarkan seorang, dua, tiga orang anak. Namun, menjadi Ibu berarti mendedikasikan dirimu untuk menjadi pembelajar disepanjang hayatmu. Untuk belajar menghadapi dirimu sendiri, anakmu, pasanganmu, dan kondisi-kondisi yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like